Ini dia! Kelebihan dan kekurangan Chipset Mediatek

HAI sobat MAKANGURING.COM
Apakah sobat pernah mendengar Chipset Mediatek? Lalu apakah sobat sedang mencari tentang kekurangan dan kelebihan chipset Mediatek?
Kamu sangat beruntung karna mampir ke situs ini !!

Prosesor MediaTek adalah prosesor pada smartphone yang berada pada kelas menengah namun memiliki harga cukup terjangkau. Prosesor MediaTek merupakan processor yang diproduksi di Taiwan dan mulai memiliki nama cukup baik di dunia prosesor ketika prosesor tersebut digunakan oleh smartphone dan juga tablet sebagai pusat kerjanya.

Kelebihan prosesor MediaTek

1. Memiliki harga yang cukup murah

Prosesor MediaTek merupakan salah satu jenis prosesor yang mentargetkan penjualan pada produksi smartphone kelas menengah dan kelas bawah. Hal tersebut tentunya berbeda dengan prosesor seperti exynos dan Qualcomm. Selain harga prosesor MediaTek yang cukup murah, prosesor tersebut mempunyai performa yang cukup baik sehingga pada akhirnya smartphone yang dibandrol dengan harga murah menggunakan prosesor MediaTek tetap bisa memiliki performa yang lumayan baik.

2. Selalu berinovatif dan merupakan prosesor pertama yang merilis 10 Inti

MediaTek selalu berupaya untuk berinovasi supaya mampu bersaing dengan prosesor yang lainnya. Salah satu jenis inovasi yang dibuat oleh prosesor MediaTek adalah dengan membuat prosesor yang memiliki 10 Inti atau 10 core. Contoh prosesor MediaTek yang memiliki 10 Core adalah prosesor dengan seri helio X20 yang mana prosesor tersebut mempunyai kemampuan decoding dan encoding h265 4K/ 2K pada video 30 frame per second.Prosesor tersebut juga sudah mendukung penggunaan layar yang memakai resolusi 2560 kali 1600 pixel.
Walaupun prosesor MediaTek diklaim memiliki performa yang sama dengan performa prosesor kelas high-end seperti Qualcomm dan exynos, prosesor MediaTek ini tetap dipertahankan pola konsumsi dayanya sehingga tetap hemat. Hal tersebut disebabkan karena dalam prosesor MediaTek sudah dilakukan modifikasi di bagian ARM.

3. Prosesor pertama yang menggunakan true octa core

Di tahun 2013, MediaTek berhasil menjadi pabrikan processor yang memproduksi chipset octa core dimana berisi 8 CPU ARM Cortex a7yang memiliki kecepatan 1,7 ghz sampai dengan 2 ghzcandi Boko dengan Mali 450 MP4. Inovasi tersebut terdapat pada prosesor seri MT6592 dimana processor tersebut memiliki kemampuan untuk memainkan video atau konten 4K. Prosesor tersebut juga digunakan pada sejumlah perangkat seperti Vivo X5, coolpad F1, Huawei Honor 3x, serta Acer Liquid X1.

4. Processor yang hemat RAM namun memiliki grafit cukup tinggi

Komponen yang merupakan otak dari sistem grafis yang ada di Smartphone adalah GPU. Fungsi GPU tentunya sangat mirip dengan fungsi kartu VGA pada komputer. GPU pada smartphone mempunyai tugas yang sangat penting yaitu untuk mengangkat sejumlah keperluan grafis yang biasanya diterapkan pada video resolusi tinggi ataupun pada game 3D.

Kekurangan prosesor MediaTek

Selain memiliki sejumlah kelebihan pada bagian performa, prosesor MediaTek juga merupakan prosesor yang memiliki sejumlah kekurangan yang banyak dikeluhkan oleh penggunanya. Di bawah ini adalah uraian tentang kekurangan kekurangan yang dimiliki oleh prosesor MediaTek.

1. Boros daya baterai

Borosnya daya baterai pada prosesor MediaTek dikarenakan prosesor tersebut memiliki Fokus utama pada tampilan grafis yang tinggi. Tampilan grafis yang tinggi tersebut tentunya memiliki imbas dimana daya baterai pada smartphone akan cepat dikuras sehingga pada akhirnya terjadi pemborosan. Apalagi bagi Anda yang senang bermain game atau menonton video dengan kualitas high definition, sudah bisa dipastikan baterai pada smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek cepat terkuras habis.

2. Mudah terjadi overheat

Performa yang tinggi pada prosesor MediaTek juga menimbulkan masalah panas yang berlebihan atau sering dikenal dengan istilah overheat. Tentunya, masalah ini bisa jadi menjadi sebuah pertimbangan khusus untuk Anda yang akan memakai smartphone dimana kondisinya lebih cepat panas apabila digunakan untuk menjalankan aplikasi yang cukup berat.

3. Keakuratan GPS kurang baik

GPS yang sulit untuk terkunci dan sering tidak akurat merupakan salah satu kekurangan yang dimiliki oleh prosesor MediaTek, khususnya adalah seri MT65xx. Akan tetapi, untuk seri prosesor MediaTek terbaru permasalahan tersebut sudah jarang sekali terjadi.

4. Cukup sulit untuk dioprek

Prosesor MediaTek memberikan batasan kepada setiap penggunanya untuk melakukan beberapa modifikasi pada smartphone Android yang digunakan. Berdasarkan informasi yang masuk, smartphone yang memakai prosesor MediaTek tidak dapat memakai custom Kernel. Berbeda Hal tersebut berkebalikan dengan prosesor Qualcomm yang tentunya memperbolehkan penggunanya untuk memakai custom Kernel. Salah satu contoh smartphone yang sangat sulit untuk dioprek adalah smartphone Xiaomi Redmi Note 3 yang didalamnya memang menggunakan chipset MediaTek dan juga Qualcomm.
Demikianlah informasi singkat mengenai kelebihan dan kekurangan prosesor MediaTek pada smartphone. Bagi anda yang sekarang ini sedang berburu smartphone, maka silahkan anda cermati sejumlah kelebihan dan kekurangan pada smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek. Siapa tahu anda tertarik untuk membeli smartphone yang memakai prosesor MediaTek melihat dari sejumlah keunggulan yang ditawarkannya. Terima kasih dan selamat berburu smartphone, Semoga berhasil mendapatkan smartphone sesuai dengan impian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini dia! Kelebihan dan kekurangan Chipset Mediatek"

Post a Comment